[ad_1]

Jakarta (ANTARA) – Desainer dan pemilik label batik Elemwe , Lily Mariasari punya beberapa kiat untuk memadupadankan batik, sehingga Anda bisa tampil segar, khususnya pada Hari Batik yang diperingati setiap 2 Oktober.

Menurut Lily, pada dasarnya batik bisa dipadukan dengan banyak jenis pakaian agar bisa terlihat lebih kekinian, baik untuk acara formal maupun santai.

“Padukan batik dengan jins atau rok atau kulot dengan bahan polos sehingga terlihat tidak terlalu ramai,” kata Lily pada ANTARA di Jakarta pada Rabu.

Untuk motif, Lily menyarankan agar memilih motif yang ringan.

“Sekarang banyak motif batik yang unik dan mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya.

Sementara untuk acara formal bisa memilih motif batik yang sudah ada pakemnya.

“Untuk acara formal bisa pilih warna batik yang agak gelap dan sebaliknya, untuk acara lebih santai dan terlihat lebih muda pilih batik dengan warna warna terang,” kata Lily yang menambahkan bahwa batik juga bisa dipadukan dengan sepatu santai atau sneakers untuk lebih terlihat kasual atau sporty.

Batik Elemwe yang sudah didirikan sejak 2015 terkenal dengan motif-motif Betawi. Elemwe juga turut dibuat oleh pengrajin di kawasan pesisir Jakarta.

“Sebagai warisan budaya yang diakui dunia, batik adalah fesyen bagi bangsa Indonesia untuk itu kita wajib melestarikan dan bangga pakai batik,” kata Lily.

Baca juga: Batik nuansa gunung Alpen menangkan kompetisi desain Kedubes Swiss

Baca juga: Tjantjng Batik Nusantara tumbuhkan kesadaran generasi muda berbatik

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019



[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here